Senin, 07 Oktober 2013

7 Oktober : Pesta Santa Perawan Maria, Ratu Rosario

Ratu Rosario

Hari ini Senin, 7 Oktober 2013 adalah Pesta Perawan Maria Ratu Rosario, peringatan yang ke 442 atas kemanangan pasukan Katolik di Eropa menghadapi pasukan Turki.
Tanggal 7 Oktober  1571, terjadi pertempuran yang sangat dahsyat di laut dekat pantai Yunani, tempat itu bernapa Lepanto. Pasukan Katolik menghadapi pasukan Turki yang jumlahnya tiga kali lipat. Sebelumnya, pasukan turki telah menyerang hampir semua pelabuhan Katolik di Eropa. Armada Turki saat itu sangat terkenal dan karena sangat kuatnya di bawah pimpinan Halifasya.
Paus Pius V yang saat itu mendukuki Tahta di Roma, menyadari bahwa pasukan Katolik Eropa, secara peta kekuatan tidak ada artinya disbanding pasukan Turki yang jumlahnya tiga kali lipat.
Maka Bapa Paus, menugaskan Don Yuan dari Austria untuk menjadi komandan armada gabungan Eropa yang akan menghadapi armada Turki yang jauh lebih besar. Don Yuan adalkah seorang prajurit yang memiliki devosi Rosario Suci yang sangat sungguh-sungguh. Sebelum berangkat, setiap prajurit diberi sebua Rosario di tangan kanan dan senjata di tangan kiri.
Bapa Paus pada saat yang sama meminta kepada seluruh penduduk Eropa untuk berdoa Rosario tidk henti-henti. Seluruh penduduk Eropa berdoa Rosario selama 24 jam terus-menerus demi kemenangan pasukan gabungan Katolik Eropa.
Pada 7 Oktober 1571, pukul 11.30 kedua armada mulai bertempur dengan sangat dahsyat, hingga baru berakhir pukul 5.30 sore, keesokan harinya. Mukzizat benar-benar terjadi, sehingga di saat pertempuran sedang berlangsung begitu sengitnya, angin tiba-tiba berubah, sehingga menguntungkan pihak armada Katolik. Armada Turki berhasil dikalahkan, Halifasya sendiri gugur.
Karena kemenangan Rosario ini maka 7 Oktober ditetapkan sebagai Hari Raya Rosario.
Di dunia modern sekarang ini, sesungguhnya umat Katolik seluruh dunia, sedang menghadapi musuh yang sangat besar dan kuat yaitu armada dosa dan segala antek-anteknya. Berbagai godaan dan terpaan muncul seiring dengan perkembangan teknologi dan modernisasi.
Manusia menjadi terlalu beresiko untuk jatuh ke dalam dosa dan setan begitu mudahnya memanfaatkan gemerlap dunia untuk mempengaruhi manusia dan jatuh kedalam dosa melalui perjudian, pergaulan dan tontonan yang tidak sehat, permusuhan dan kebencian, dan berbagai daya tipu dan muslihatnya.
Pada 7 Oktober hari ini dan seterusnya, marilah kita umat Katolik sedunia meningkatkan devosi kita kepada Bunda Maria melalui Rosario suci, agar setan dapat ditakhlukkan dan iman kepada Kristus memperoleh kemenagnan sejati. Bunda Maria telah menyampaikan pesan saat penampakannya di Fatimah, agar umat Katolik berdoa Rosario setiap hari, dan semakin sering berdoa, bahwa pada akhirnya hatinya yang tidak bernoda akan memperoleh kemenangan.

Dikutib dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: