Minggu, 13 Oktober 2013

Mengucap Syukur adalah Pengganda yang Dahsyat

Saudaraku umat Katolik di seluruh dunia, selamat hari Minggu, Damai Sejahtera dari Tuhan kita Yesus Kristus senantiasa menyertaimu.

Kembali hari ini kita diingatkan untuk mengucap syukur dalam segala hal yang kita alami. Sebab sesungguhnya itulah yang dikehendaki Tuhan dan yang akan menjadi jaminan bahwa berkat yang kita terima tetap mengalir seperti sungai yang tidak pernah kering. Bersyukurlah atas segala kebaikan Tuhan yang telah kita alami di masal lalu, yang kita terima saat ini dan yang masih akan kita terima di waktu yang akan datang.
Santo Paulus mengingatkan kita agar senantiasa mengucap syukur. “Mengucap syukurlah dalam segala hal, m  sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu” (1 Tes 5 :18). Dalam bacaan injil hari ini (Luk 17:11-19), Tuhan Yesus menyembuhkan 10 orang kusta dengan kuasanya, dan hanya satu orang yang kembali untuk berterima kasih, mengucap syukur dan memuliakan Allah. Tuhan Yesus mempertanyakan kemana yang Sembilan orang lagi?
Kitapun seringkali seperti Sembilan orang yang telah disembuhlan itu. Di saat kita mengalami kesulitan dan kesusahan kita begitu bersungguh-sungguh memohon pertolongan dari Tuhan. Tetapi setelah pertolongan kita terima, dan kita berada dalam keadaan tidak kurang sesuatu apapun, kita lupa berdoa dan mengucap syukur kepada Tuhan.
Romo Yatno dalam khotbahnya di gereja Stasi St Vincentius hari ini mengajak umat untuk senantiasa bersyukur melalui tiga hal yakni : 1 dengan mengucapkan terima kasih dengan kata-kata yang penuh kasih dan rasa syukur 2 dengan merenungkan berkat itu dalam hati dan berdoa dengan penuh sikap hati yang bersyukur dan 3 dengan melakukan perbuatan untuk mengimplementasikan rasa syukur kita melalui karya nyata.
Marilah kita menumbuhkan dan mengembangkan aliran berkat Tuhan dalam kehidupan kita dengan senantiasa memelihara sikap syukur melalui ucapan, doa dan karya nyata. Amin.

Kutipan Alkitab:
·         Mengucap syukurlah dalam segala hal, m  sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu (1 Tes 5 :18)
·         Berdirilah dan pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau (Luk 17:19)
·         Kiranya TUHAN memberi pertambahan d  kepada kamu, kepada kamu dan kepada anak-anakmu (Mzm 115:14) Diberkatilah kamu oleh TUHAN, yang menjadikan langit e  dan bumi (Mzm 115:15). Amin

Tidak ada komentar: