Senin, 13 April 2009

Selamat Paskah – Alleluya


Kristus telah bangkit, Alleluya!…Alleluya!…Alleluya...!

Selamat Paskah untuk seluruh umat di lingkungan Santo Louis Paroki Keluarga Kudus Cibinong, Bogor, Indonesia, dan seluruh umat kristiani di seluruh dunia.

Paskah adalah peristiwa maha penting dalam kehidupan iman Kristen karena Paskah adalah Kebangkitan Kristus dari kematian. Mengenai hal ini Paulus telah mengatakan bahwa ”...jika seandainya Kristus tidak dibangkitkan, sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah jugalah kepercayaan kamu dan.....kamu masih tetap hidup dalam dosamu” (bdk 1 Kor 15:14 – 17)

Hal di atas ditegaskan oleh Bapak Suci Benedictus XVI dalam homilinya di Basilica St Petrus Vatican pada hari Minggu 12 April 2009. Beliau menandaskan bahwa Paskah pada awalnya merupakan peristiwa pembebasan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir, ditandai dengan roti tidak beragi. Maka Kristus sendiri dengan kebangkitannya telah menjadi roti tidak beragi bagi kita, yang menjadi jalan pembebasan kita dari perbudakan dosa dan kesia-siaan.

Roti tidak beragi menandakan kesederhanaan dan kemurnian, tanda KEHIDUPAN BARU bagi kita yang percaya kepada Kristus dan kebangkitanNya. Dengan semangat Paskah, Bapak Suci menyampaikan pesan Kristus ke seluruh dunia untuk tidak takut berjuang menuju kehidupan baru, kehidupan menuju kemurnian tanpa dosa dengan menggunakan senjata KebangkitanNya. Senjata itu adalah kesederhanaan, keadilan, kasih sayang dan pengampunan.

Bagaimana dengan kita, apakah kita berani menggunakan senjata Kristus ini? Tentu saja kita harus berani, karena Kristus sendiri telah memilih kita. Sejak menerima Pembabtisan kita telah mati bersama Kristus dan dengan demikian kita juga BANGKIT BERSAMA KIRSTUS.

Bangkit bersama Kristus, Paskah, berarti bangkit dari segala kesia-siaan dan berjuang, berlari menuju hidup yang penuh arti dan kemenangan bersama Kristus. Jalannya adalah jalan kesederhanaan dan kasih dan senjata kita adalah ROH KUDUS, ROH KASIH KRISTUS.

Bunda Maria adalah bintang pedoman kita, yang pasti akan membawa kita pada pelabuhan kemenangan ini. Santo Michael dan para Kudus adalah pendamping kita selama perjalanan kita. Untuk itu JANGAN TAKUT, BERHARAPLAH, BUKALAH HATIMU KEPADA KRISTUS!

Kapankah kita bangkit dengan semangat Paskah ini? Sekarang dan setiap hari sepanjang hidup kita!

Selamat Paskah untuk kita semua, Tuhan Yesus Kristus junjungan kita meberkati kita semua.


Mengakhiri pesan Paskah yang penuh kemenangan ini, saya ingin mengajak anda semua untuk berdoa:


Tuhan Yesus Kristus, kebangkitanMu adalah sumber kasih, iman dan pengharapan kami. Berilah kami kekuatan dan keberanian untuk menggunakan senjata kasihMu. Bebaskanlah kami dari segala ketakutan dan kesia-siaan dosa. Amin!

Aku percaya...

Bapa kami...

Salam Maria...

Kemuliaan...


Dipersembahkan oleh putra Maria yang paling hina.

Stefanus Manuntun Sitinjak

Tidak ada komentar: