Minggu, 02 November 2014

MENDOAKAN ARWAH SEMUA ORANG YANG SUDAH MENINGGAL

Hari ini adalah peringatan arwah semua orang yang sudah meninggal. Bacaan pertama hari ini adalah dari Kitab Makabe, dimana Yudas Makabe mengirimkan sejumlah dana ke Jerusalem yang dimaksudkan sebagai persembahan untuk mendoakan arwah orang yang sudah meninggal.
Gereja Katholik yang kudus yang kita percayai bukan saja hanya beranggotakan orang yang masih hidup di dunia, tetapi orang yang hidupnya sudah di alam sesudah dunia ini. Maka diakui ada tiga kelompok dalam gereja Katholik yaitu:
  • Gereja yang masih berziarah, itulah kita yang masih ada di dunia
  • Gereja yang menderita, itulah mereka yang sudah meninggal namun belum ke surga, tetapi masih ada di api penyucian. Untuk mereka inilah kita berdoa hari ini
  • Gereja yang sudah Jaya, yaitu mereka yang sudah berada di surga bersama para orang kudus dan para malaikat mengelilingi Tahta Allah Bapa, Tuhan kita Yesus Kristus.
Sesungguhnya tidak ada orang yang mati, hidupnya hanya diubahkan. Maka Allah mengatakan bahwa Dia adalah Allah Abraham, Allah Isak dan Allah Yakub, bukan Allah orang mati. Dengan demikian maka Abraham, Isak dan Yakub pun masih hidup dan kita percaya sudah menjadi orang kudus bersama Allah di Surga. 
Markus 12: 26-27: Dan juga tentang bangkitnya orang-orang mati, tidakkah kamu baca dalam kitab Musa, dalam ceritera tentang semak duri, bagaimana bunyi firman Allah kepadanya: Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub? Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup. Kamu benar-benar sesat!"

Nah untuk itulah gereja dan kita sebagai gereja juga di diri kita sendiri dan keluarga harus memelihara persekutuan dengan seluruh anggota gereja. Bersekutu dengan para kudus di surga, dan kita meminta doa-doa mereka, karena mereka sudah sangat dekat dengan Tahta Allah. Bersekutu dengan gereja yang masih berjuang, dengan cara mendoakan mereka kepada Allah untuk mendapatkan indulgensi atau pengampunan dosa.
Mengenai bagaimanakan para jiwa-jiwa gereja yang menderita ini ada diceritakan oleh seorang mistikus gereja yang mengalami langsung pertemuan dengan mereka yakni Maria Simma, yang sudah dibukukan dengan Judul "Bebaskan kami dari Sini".

Demikianlah ringkasan khotbah Romo pagi ini di gereja paroki Maria Bunda Segala Bangsa, Kota Wisata,

Cibubur. 

Tidak ada komentar: