Minggu, 09 November 2014

LOVE IS THE ONLY SOLUTION

Dalam keseharian hidup, sering kali kita bertemu dengan atau melihat permasalahan dunia yang kadangkala sangat rumit bahkan memilukan. Berita tentang peperangan, pengungsian, pembantaian, perceraian, kemiskinan, penderitaan, penindasan dan masih banyak lagi. Solusi untuk itu semua sesungguhnya hanya satu yaitu KASIH (Love).

Ada empat pertanyaan yang paling penting dalam hidup: Kesucian itu apa? Roh terbuat dari apa? Apa yang membuat hidup berharga? Dan, apa yang membuat mati berharga? 
Jawaban untuk semua pertanyaan ini sama. Hanya Cinta (Don Juan DeMarco)

Perbuatan jahat tidak akan pernah terselesaikan dengan pembalasan dengan cara yang sama, atau bahkan dendam. Tidaklah mungkin bisa membersihkan lantai dengan air kotor. Lantai sekotor apapun, tetaplah harus dibersihkan dengan air bersih.

Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu..... (Mat 5:39)

Sadarkanlah orang untuk tidak berbuat jahat dengan doa dan ucapan yang lemah lembut, tetapi jangalah sekali-sekali membalasnya dengan perbuatan jahat. Lantai kotor memang harus dibersihkan, orang berbuat jahat musti diberi pelajaran, tetapi dengan cara Cinta, bukan dengan cara dia.

Oh, seandainya ini disadari dan dilakukan oleh setiap orang, maka kejahatan akan berkurang drastis, jumlah penjarapun akan berkurang dan berkat akan semakin melimpah di bumi. Yesus mengajarkan bahwa tindakan Cinta adalah nomor satu, barulah menjalankan ajaran agama. Mungkin kita masih ingat cerita Yesus tentang Orang Samaria yang menolong orang yang dirampok di dalam perjalanan di Jeriko.

Yesus Sang  Maha Guru Cinta mengajarkan ini dengan sangat jelas:

Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,
tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu (Mat5: 23-24)


Inilah kehendak Tuhan kita, Hanya Cinta. Dan jika kehendak kita sudah selaras dengan kehendakNya, maka kita tinggal meminta apa yang perlu buat kita, dan niscaya kita akan menerima itu semuanya, bahkan lebih dari itu dari padaNya.

Pikiran dan emosi kita memang akan sangat sulit untuk yang namanya memaafkan atau meminta maaf kepada orang lain yang jelas-jelas telah berbuat jahat kepada kita. Namun Cinta atau Roh tidak ada dalam emosi dan pikiran. Dia adalah tingkatan tertinggi darimana kita dibuat. Dialah Tuhan sendiri yang berdiam di dalam diri kita. Hanya dengan Cinta kita dapat melakukan itu.

Untuk memasuki dunia Cinta, dunia Roh, memang kita harus membuka diri untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Kita harus menenangkan tubuh, getaran fisik, emosi dan pikiran barulah kita merasa tenang dan dapat masuk kedalam diri kita sendiri (hati kita), ke dalam Roh, dimana Tuhan ada. 

The fruit of silent is prayer
The fruit of prayer is love
The fruit of love is service
The fruit of service is peace (Mother Theresa)

Demikianlah Cinta atau Kasih yang sempurna dapat masuk ke dalam kehidupan kita, dan kita masuk ke dalamnya, maka setiap permasalahan negatif dalam hidup kita, akan pergi dengan serta merta. Seban Yesus ada di hati. Amin


Tidak ada komentar: