Selasa, 26 Februari 2008

Lingkungan Santo Louis Menanam Pohon- APP 2008

Aksi Nyata APP 2008 Lingkungan Santo Louis dengan Penanaman Pohon
Dilaporkan oleh: M Sitinjak


Sebagai aksi nyata dari kegiatan APP (Aksi Puasa Pembangunan), pertemuan ke-4 dilaksanakan di kapel Gunung Putri pada hari Minggu tanggal 24 Februari 2008. Kegiatan dilakukan sekitar jam 10.30, selesai sekolah minggu. Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari 3 pertemuan sebalumnya yang masing-masing dilakukan di rumah keluarga Bapak Kanari (9 Februari), Pak Budi (16 Februari) dan Pak Yuwono (23 Februari 2008).

Pertemuan ke-4 ini merupakan pertemuan khusus karena disertai dengan aksi nyata menanam pohon. Kegiatan ini selain dihadiri oleh sebagian besar umat dan anak-anak bina iman, juga dihadiri oleh Ketua Wilayah St Vincencius Bapak Yosafat Agus. Aksi nyata penanaman pohon didahului dengan melakukan ibadah APP yang dipimpin oleh Ketua Lingkungan Bapak Purwanta. Intinya disampaikan bahwa kegiatan APP ini tidak selayaknya hanya merupakan semboyan dan diskusi semata, tetapi harus diwujudkan dengan aksi nyata yang diawali dengan penanaman pohon di lingkungan kapel.
Bukan saja menanam, yang lebih penting lagi pohon yang telah ditanam harus dirawat sehingga kapel akan kelihatan asri dan umat akan lebih betah dan senang melakukan kegiatan di kapel.
Penanaman pohon ditandai dengan penanaman pohon mangga oleh Ketua Wilayah dan Ketua Lingkungan. Umat kemudian melanjutkan dengan menanam pohon-pohon lainnya. Berbagai jenis pohonpun di tanam, semuanya berjumlah sekitar 20 pohon. Ada pohon mangga, rambutan, jambu, asem, jeruk dan pohon-pohon pelindung lainnya. Pohon petai-pun tidak ketinggalan. Ada 2 pohon petai.
Suasana penanaman pohon terlihat kompak dan terkoordinir dengan baik. Terlihat wajah ceria di wajah setiap umat. Tidak ketinggalan, anak-anak bina iman juga ikut dalam kegiatan ini, sehingga diharapkan bahwa anak-anak akan lebih paham akan pentingnya menjaga lingkungan dan aksi nyata yang dapat dilakukan.
Ada yang bergurau, seandainya topik APP mengenai lingkungan dari empat tahun lalu, mungkin kita sudah panen petai. He..he..

Sukses untuk Santo Louis dan jangan lupa rawat pohonnya ya...biar bisa panen..ok?

Tidak ada komentar: